shalat malam di bulan Ramadhan

Shalat malam pada bulan ramadhan (based on ust.felix y siauw)

assalamualaikum,buat para teman2 ini ada referensi shalat malam pada bulan ramadhan ,semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

01. tarawih adl shalat malam yg khusus hanya ada di bulan ramadhan | dalilnya banyak dan jelas, Rasulullah melakukannya

02. ada banyak tanya apakah tarwih 11 rakaat atau 23 rakaat | yang manapun boleh, yang paling afdhal adl ikuti yg jadi imam

03. “orang yg shalat tarawih mengikuti imam sampai selesai, ditulis baginya pahala shalat semalam suntukโ€ (HR Tirmidzi)

04. jadi mau 11 rakaat, mau 23 rakaat, boleh aja, yang penting ikuti imam tarawihnya | dia 11 rakaat kita ikut, dia 23 rakaat kita ikut

05. karena Rasul pernah tarawih 11 rakaat, Umar ra tarawih 23 rakaat | dan Umar ra. bukan bid’ah, dia lakukan ada dalilnya | jadi boleh2 aja

06. yang nggak betul kalo tarawihnya 23 rakaat tapi kayak lomba lari, al-fatihah satu isapan napas selesai | nah ini nggak tepat

07. tarwih asal katanya “berhenti sesaat” atau “santai” | begitulah Rasul dan para sahabat tarawih, santai dan tidak buru-buru

08. jadi mau 11 rakaat, mau 23 rakaat, disilakan, yang penting ikut tarawih dan nggak buru-buruan | kelir ya? ๐Ÿ™‚

09. adapun tahajjud, ialah shalat malam yg lain lagi | ia boleh dilakukan di selain ramadhan, dan juga di ramadhan, sebagai tambahan ibadah

10. jadi setelah tarawih, lalu tidur, bangun mau tahajjud lagi | that’s very cool ๐Ÿ™‚ | silahkan aja, bagus banget

11. pertanyaannya, gimana witirnya? kan katanya witir penutup shalat? | nah ini kita bahas dikit ya ๐Ÿ™‚

12. witir artinya ganjil | shalat witir ialah shalat sunnah muakkad antara isya – fajar, dan penutup daripada shalat malam

13. dalilnya sabda Rasul, โ€œjadikanlah akhir shalat malam kalian adalah shalat witir.โ€ (HR Bukhari Muslim)

14. witir ini boleh 1, 3, 5, 7, atau 9 rakaat | dan walau witir adl penutup shalat, bukan berarti nggak boleh shalat sunnah lagi

15. maksudnya dalil witir itu “penutup” | maksudnya adl setelah lakukan shalat malam ya sunnahnya ditutup witir ๐Ÿ™‚

16. jadi pas tarwih boleh aja ditutup witir | lalu tahajjud lagi setelah tidur | dan witirnya nggak perlu diulang lagi

17. karena ada sabda Nabi “tidak boleh ada dua witir dalam satu malamโ€ (HR Tirmidzi) | jadi witir cukup sekali aja

18. dalil boleh shalat setelah witir ini, karena Rasulullah pernah shalat 8 rakaat, lalu witir 1 rakaat, lalu lanjut lagi shalat 2 rakaat

19. “bahwa Nabi saw pernah melakukan shalat 2 rakaat sambil duduk setelah melakukan witir” (HR Tirmidzi) | ini dalilnya

20. “siapa diantara kalian yg khawatir tidak bangun di akhir malam, maka berwitirlah di awal malam lalu tidurlah, …โ€ (HR Tirmidzi)

21. juga ada hadits yg sebutkan Rasul bercakap dengan Umar yg witir di akhir malam, dan Abu Bakar yg witir di awal malam, maka boleh aja

22. ulama 4 madzhab pun memilih pendapat, bahwa boleh hukumnya lakukan shalat sunnah setelah witir | termasuk lakukan tahajjud

23. jadi ringkasannya, boleh lakukan tarawih+witir jamaah sama imam (afdhal nih) | lalu abis tidur tahajjud lagi, nggak pake witir ๐Ÿ™‚

24. witir sendiri kalo 3 rakaat bisa 3 rakaat sekaligus salam, boleh juga 2 rakaat salam +1 rakaat salam (ini lebih afdhal) ๐Ÿ™‚

25. sunnah surah bacaan witir, membaca surat al-aโ€™laa pada rakaat 1, surat al-kafirun pada rakaat 2, surat al-ikhlas pada rakaat 3

26. “Rasulullah saw shalat witir dgn baca (Sabbihismarabbikal aโ€™laa), (Qul yaa ayyuhal kafirun), dan (Qul huwallahu ahad)” (HR An-Nasai)

27. atau membaca surat al-aโ€™laa pada rakaat 1, surat al-kafirun pada rakaat 2, surat al-ikhlas, al-falaq, an-nas pada rakaat 3

28. kelir ya? ๐Ÿ™‚ | selamat menikmati ibadah2 malam di bulan ramadhan, semoga kita diantar menjadi hamba yang menang ๐Ÿ™‚

Advertisements

One thought on “shalat malam di bulan Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s